Sunday, December 2, 2012

Tips Cara Makan Yang Benar

Tips Cara Makan Yang Benar
Tips Cara Makan Yang Benar - Makan adalah sebuah kebutuhan pokok atau wajib sebagai mahluk hidup, karena dengan makan mahluk hidup seperti manusia bisa melangsungkan kehidupannya menjali aktipitas, namun sebagai mahluk yang beradad manusia harus memiliki cara tau pola makan yang benar dari mulai cara makan dan pola makan. karena jika tidak makan menjadi dampak buruk bagi tubuh.

Untuk anda yang belum mengetahui cara makan yang benar bisa mencoba tips cara makan yang benar dibawah ini.

Tips cara makan yang baik untuk pencernaan biar perut aman dan sehat.


1. Bagi waktu jam makan
Kalo sering telat maka dapat dipastikan gejala perih, asam lambung yang berlebihan dan perut kembung. Maka dari itu, ardi saranin bagi waktu jam makannya jadi 3 kali. Contohnya 1 kali makan berat lalu 2 kali untuk makan ringan tiap hari.


2. Tempo makan
Yang dimaksud disini, bila anda makan berat .. berapa lama anda menghabiskannya ? ardi saranin jangan terlalu cepat deh, pengaruhnya banyak banget. Akibatnya, kerja perut jadi berat kemudian enzim dari ludah yg digunakan untuk pencernaan tidak cukup.


3. Ketika makan jangan minum terlalu banyak
Larangan sambil minum ketika makan tidaklah benar, hanya saja jangan berlebihan. Alasan logisnya, dibagian lambung ada cairan yang terlalu encer dan akhirnya kehilangan kekuatan untuk dicerna, akibatnya makanan jadi susah di proses. So .. minum secukupnya saja biar ga serek atau nyangkut di kerongkongan.


4. Larangan makan dan minum yang dingin

Makanan dan minuman yang dingin rasanya segar banget apalagi pas siang hari yang cuacanya panas (jadi lapar) he he he. Tetapi dari segi kesehatan dianjurkan untuk menghindari yang dingin2, apakah sahabat tau alasannya ? Menurut kutipan dari berbagai sumber kesehatan, dapat menyebabkan kontraksi pilorus, lambung dengan duodenum terdapat katup yg membuat lambatnya gerakan makanan yg dicerna. Ditambah dengan kerja kerasnya lambung untuk menghangatkan makanan, alhasil makanan lebih lama nongkrong di lambung.


5. Hindari makanan yang berlemak
Makanan yang mempunyai kandungan minyak dan lemak yang tinggi sangatlah mengganggu pencernaan. Duh, padahal saya suka banget ma gorengan apalagi tahu goreng & pisang goreng. Saran … cari makananan yang di rebus atau di kukus.


6. Hindari makanan yang terlalu manis
Makanan yang manis memang enak, tapi kalo terlalu over bisa menyebabkan cairan lambung hipersekresi dapat membuat nyeri bahkan kembung loh … kalo pengen lancar buang air besarnya, makan saja coklat asli.


7. Pentingnya buah sebelum makan besar
Beberapa tips dari dokter, disarankan untuk makan buah – buahan saat perut kosong. Estimasi nya kurang lebih 20 menit sebelum makan besar. Alasannya, buah – buahan dapat dengan mudah dicerna karena mengandung gula yg sangat mudah dicerna. Kalo untuk karbohidrat, lemak apalagi protein butuh waktu lebih lama untuk dicerna. Jadi proses nongkrongnya di lambung lebih lama.
Judul: Tips Cara Makan Yang Benar; Ditulis oleh Ena; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

0 komentar to “Tips Cara Makan Yang Benar”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger