Monday, January 14, 2013

Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Baik dan Pintar

Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Baik dan Pintar - Memiliki anak yag rajin dan soleh merupakan dambaan setiap orang tua, namun kadang cara mendidik orang tua salah kaprah yang tadinya mau mendidik anak menjadi lebih baik malah bisa bikin trauma pada si anak. untuk itu para orang tua hendaklah tahu bagaimana cara mendidik anak agar lebih baik dan soleh. terutama pada waktu si anak dalam tahap belajar kita harus bisa menegurnya tanpa membuat si anak takut tapi mengambil kesimpulan untuk lebih baik dan benar.

Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Baik dan Pintar


Berikut ini beberapaCara Mendidik Anak Menjadi Anak Baik dan Pintar :

~ Menegur dengan halus.

Saat menemukan anak melakukan kesalahan berilah teguran dengan halus. Bila masih melakukan kesalahan serupa, beri peringatan berupa sanksi. Misalnya; tidak boleh menonton kartun kesukaannya selama sekian hari sebelum anak dapat berubah. Beri pengertian bahwa sanksi ini semata-mata untuk kebaikan dirinya juga.

~ Mendengarkan penjelasan anak.

Dengarkanlah penjelasan dari anak mengapa melakukan kesalahan.

~ Meminta maaf

Apabila kita telanjur marah yang berlebihan, jangan gengsi untuk meminta maaf kepada anak. Katakan kepadanya bahwa kita marah karena sayang. Beri pelukan dan ciuman hingga anak merasa nyaman kembali bersama kita. Hal ini juga menjadi salah satu cara mengajarkan kepada anak bagaimana cara memaafkan dengan sayang dan santun.

~ Beri pujian saat anak berbuat baik.

Pujian terhadap kebaikan yang dilakukan anak akan menumbuhkan rasa percaya diri, sehingga dapat memacu anak untuk dapat berbuat kebaikan di hari-hari berikutnya.

~ Beri kepercayaan

Kepercayaan dapat memperbaiki perilakunya. Selain itu dapat pula mendorong anak untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya. Anak pun bisa belajar menghargai diri sendiri dan merasa dirinya berharga.

Dengan Tips Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Baik dan Pintar semoga putra putri anda menjadi anak yang benar-benar berguna baik untuk orang tua juga semuanya. Artikel di atas tentang : Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Baik dan Pintar.
Judul: Cara Mendidik Anak Menjadi Anak Baik dan Pintar; Ditulis oleh Ena; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

1
Kaos Anak Muslim said...
on 

Yang paling inti menurut kami adalah keteladanan dari orang tuanya sih, karena buah tdk pernah jatuh jauh dari pohonnya ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger