Thursday, November 15, 2012

Tips Cara Cepat Tidur Secara Alami

Tips Cara Cepat Tidur Secara Alami
Tips Cara Cepat Tidur Secara Alami|Cara Mengobati Insomnia|Tips Tidur Nyeyak - Banyak yang mengeluh karena susah tidur dengan banyak penyebab semisal stres, kebiasaan gadang, perokok ataupun yang lainnya. nah untuk anda yang mengalamai hal tersebut dan ingin menghilangkan penyakit susah tidur anda bisa mencoba Tips Cara Cepat Tidur secara alami.

Sebenarnya Susah tidur bisa kita siasatin dengan kegiatan sebelum tidur, itu bisa menekan tingkat kantuk pada diri kita. Untuk lebih jelasnya anda silahkan mencoba Tips Cara Cepat Tidur secara alami dibawah ini :

1. Merapikan tempat tidur
Cara ini bisa membantu memastikan Anda dapat segera tertidur dengan lelap. Sebuah studi baru mendapati bahwa orang-orang yang merapikan sendiri tempat tidurnya setiap hari cenderung akan meningkatkan peluang tidur nyenyak sebesar 19 persen. Mengganti seprai atau selimut dengan yang baru, dan tidur di atas kasur dan bantal yang nyaman juga membantu. Wangi seprai atau selimut yang baru dicuci akan membuat Anda menjadi rileks dan segera tertidur.

2. Mengatur suhu udara
Para pakar tentang tidur mengatakan bahwa suhu ideal untuk tidur adalah sekitar 18 derajat Celcius. Tubuh Anda membutuhkan sedikit penurunan suhu untuk mendorong Anda tidur. Namun, sesuaikan juga suhu di kamar ini dengan kenyamanan Anda agar tidak terlalu dingin. Terlalu dingin atau terlalu panas akan membuat Anda mudah terbangun.

3. Matikan gadget, ponsel, atau TV
Memang ada orang yang biasa menggunakan alunan musik atau suara-suara dari acara TV sebagai pengantar tidur. Namun bila Anda bukan termasuk golongan ini, dan Anda berkeras terus bermain Angry Birds atau menonton Junior Masterchef yang diputar-ulang di TV, lupakan saja impian untuk bisa segera tidur. Cahaya biru dari perangkat elektronik bisa memanipulasi tubuh untuk berpikir bahwa saat itu sudah pagi.

4. Membuat Catatan (jurnal)Rutinitas harian Anda memengaruhi lelap-tidaknya Anda tidur. Membuat jurnal mengenai aktivitas Anda sepanjang hari bisa membantu Anda menghubungkan kedua hal tersebut, kata Stephanie Silberman, PhD, penulis buku The Insomnia Workbook. Setiap hari, catat berapa banyak kafein yang Anda konsumsi, kapan dan berapa lama Anda berolahraga, apa yang Anda makan, kapan Anda pergi tidur dan bangun, dan berapa lama Anda tidur. Bila terjadi gangguan tidur, tunjukkan jurnal Anda ini pada dokter sub-spesialis masalah tidur.

5. Berhentilah menatap jam dinding
Saat Anda susah tidur, atau terus terbangun sepanjang malam, yang Anda lakukan pertama kali pasti mengecek waktu. Menatap jam justru akan memicu Anda untuk bangun, demikian menurut Joyce Walsleben, PhD, profesor tamu di NYU School of Medicine. "Jam meningkatkan tingkat kewaspadaan Anda, dan mengacaukan waktu tidur Anda. Bila Anda butuh memasang alarm, jauhkan jam tersebut dari jangkauan Anda," katanya.

6. Kepalkan jari-jari kaki
Catherine Darley, ND, direktur Institute of Naturopathic Sleep Medicine di Seattle menyarankan, saat Anda mulai bersiap untuk tidur, cobalah teknik relaksasi progresif ini. Tekuk jari-jari kaki Anda dalam tujuh hitungan, kemudian lepaskan. Ulangi melalui masing-masing kelompok otot, dimulai dari jari-jari kaki hingga ke leher.

Itulah diatas Tips Cara Cepat Tidur secara alami  semoga bisa membantu keluhan susah tidur pada malam hari anda.
Judul: Tips Cara Cepat Tidur Secara Alami; Ditulis oleh M riza; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

0 komentar to “Tips Cara Cepat Tidur Secara Alami”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger