Monday, September 3, 2012

Cara Praktis Membuat Telur Asin Lezat & Nikmat

Cara Praktis Membuat Telur Asin 
Cara Praktis Membuat Telur Asin Lezat & Nikmat - Telur asin walaupun sering dikatakan makanan kampung namun khasiat yang dikandung telur asin sangatlah banyak selain untuk menambah stamina juga katanya bisa dijadikan obat maag yang manjur. Namun kali ini Around Our Live tidak membagikan Rahasia Obat Maag Dengan Telur Asin, tapi bagaimana Cara Membuat Telur Asin Yang Praktis dan lezat.

Dibawah ini langkah-langkah mudah dan praktis membuat telur asin yang lezat dan nikmat :

Berikut cara membuat telur asin : 

Pilihlah telur dari ayam yang sehat (Ayam yang sehat memiliki telur yang berkualitas)
Kemudian bersihkan kulit telur dari kotoran yang menempel di kulit tersebut, sangat dianjurkan memakai air hangat. Karena mencuci telur menggunakan air hangat akan lebih memudahkan kita untuk membersihkannya selain itu bisa membunuh bakteri dan kuman yang ada.
Tiriskan telur tersebut sampai benar – benar kering. Anda bisa menggunakan tisu atau serbet untuk mempercepat pengeringan telur tersebut.
Setelah kering amplas permukaan telur tersebut, usahakan merata di semua permukaan kulit telur tersebut. Hal ini agar pori – pori di permukaan telur terbuka. Untuk memudahkan asinan meresap di dalam telur tersebut. Saya saran kan untuk berhati – hati saat mengamplas kulitnya, karena dikhawatirkan kulit telur akan mudah retak.
Buat adonan untuk mengasinkan telur tersebut. Adonan tersebut berasal dari campuran garam dan abu gosok dengan perbandingan yang sama. Jika tidak ada abu gosok anda bisa mengunakan bata merah yang telah dihaluskan.
Setelah anda membuat adonan, bungkus telur tersebut dengan adonan yang sudah anda buat tadi. Ingat, membungkusnya harus dengan secara merata dan tebalnya kira – kira sekitar 5 mm.
Kemudian taruh telur tersebut pada ember di ruang terbuka. Biarkan kurang lebih 2-3 minggu. Anda pun bisa membiarkannya lebih dari 3 minggu, tetapi rasanya akan bertambah asin namun kelebihannya akan semakin awet.
Setelah berjalan 2-3 minggu anda dapat mengambilnya. Bersihkan dahulu telurnya.
Rebus telur asin tersebut hingga matang.

Saran saya, jika anda ingin membuat telur lebih awet lagi setelah dibersihkan sebelum dimasak, anda bisa merendam telur tersebut pada larutan teh kurang lebih selama satu minggu. Sedangkan untuk membuat telur menjadi beraneka rasa adalah pada saat membuat adonan tambahkan rasa yang anda ingingkan. Misalnya anda menginginkan telyr dengan rasa apel, anda bisa menambahkan jus apel ke dalam adonan yang akan di buat untuk membungkus telur tersebut.
Judul: Cara Praktis Membuat Telur Asin Lezat & Nikmat; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger