Friday, July 27, 2012

Makan Pisang Bisa Bikin Gendut ?

Makan Pisang
Makan Pisang Bisa Bikin Gendut? - Buah pisang dengan rasanya yang manis dan teksturnya yang empuk, sering menjadi hidangan pencuci mulut sehari-hari karena mudah didapat. Buah ini pun diyakini banyak orang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Namun belakangan, muncul anggapan bahwa makan buah pisang bisa membuat tubuh gemuk, sehingga tak baik dikonsumsi mereka yang sedang giat menurunkan berat badan. Benarkah demikian?

Seperti ditulis Times of India, Sabtu, 28 Juli 2012, dampak pisang terhadap kegemukan ternyata masih belum jelas. Namun, kebanyakan pelatih kebugaran, ahli gizi, pecinta olahraga, pengendara sepeda, dan para pelari, justru yakin makan pisang dapat meningkatkan energi.

Rata-rata orang yang aktif secara fisik juga menjamin pisang sangat efisien jika dikonsumsi secara rutin. Buah berkulit kuning dan hijau ini memiliki kekuatan besar sebagai pembangkit energi. Maka, tak heran jika buah ini seringpula dijadikan sebagai makanan ringan favorit para penyuka olahraga. Pisang memberikan tubuh energi lebih yang bisa langsung digunakan sebagai bahan bakar untuk latihan apapun.

"Pisang memang mengandung karbohidrat sehat yang memberikan energi untuk lebih aktif. Buah ini juga tinggi kalium, mineral yang membantu menurunkan tekanan darah," ujar pelatih kebugaran asal India, Arnav Sarkar.

Serat pisang dianggap mampu membantu mengontrol rasa lapar lebih baik bagi mereka yang sedang berupaya menghilangkan lemak tubuh. Pisang juga mengandung vitamin B6.

"Telah ditemukan bahwa kandungan dalam pisang juga membantu mengurangi depresi karena isinya dari Tryptophan, kandungan besi yang membantu mereka mencegah anemia dan juga membantu mengurangi sembelit karena kandungan seratnya."

Dengan indeks glikemik hanya 54 dan kaya dengan serat, vitamin C, kalium, mangan, vitamin B6 dan asam amino esensial, pisang sangat cocok dijadikan sebagai camilan sehat.

"Untuk itu, tidak benar rasanya jika dikatakan menkonsumsi pisang bisa bikin tubuh gemuk," ujar Sarkar lagi.

Dia menerangkan satu-satunya cara yang bisa membuat berat badan bertambah adalah jika seseorang makan enam pisang setiap hari tanpa melakukan olahraga.

"Pisang itu mengandung zat tepung pektin yang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Maka sangat ideal jika pisang dijadikan sebagai menu makanan khusus untuk setiap program penurunan berat badan."

Anda bahkan dapat menggantikan makanan penutup berkalori tinggi dengan pisang beku yang dicelupkan ke dalam saus cokelat hitam. Ini tentu bisa menjadi makanan penutup yang lezat tapi rendah lemak.sumber
Judul: Makan Pisang Bisa Bikin Gendut ?; Ditulis oleh Unknown; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

1
El3kTr0 said...
on 

Hi!!! dropping a lot of happyness in this weekend :D :D :D :D

PD: The banana has a lot of potasium :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger