Monday, December 12, 2011

Tips Cara Sehat Untuk Bergadang

Tips Cara Sehat Untuk Bergadang - Sebenarnya membaca kata sehat di sebelah kata begadang adalah sebuah paradoks. Dimana-mana yang namanya begadang pastilah tidak sehat. Memaksa tubuh beroperasi di waktunya dia beristirahat adalah kegiatan yang tidak sehat. hehe. Namun, kebutuhan untuk begadang mungkin salah satu kebutuhan 'primer' dari mahasiswa umumnya.

Aktifitas begadang umumnya erat kaitannya dengan 'jamu' ajaib khas mahasiswa. Jamu itu bernama KOPI. Untuk mempertahankan kelopak mata tetap terbuka, kopi sangat sering digunakan. Berbagai literatur, artikel dan penelitian mengatakan kopi banyak manfaatnya. Hmmm, saya tidak menyalahkannya tetapi kopi itu menurut saya merusak jantung kita dan mungkin beberapa organ tubuh lain karena dibarengi dengan begadang. Saya sering minum kopi tetapi saya usahakan berolahraga rutin untuk mengimbanginya. CMIIW Saya bukan dokter. :p

Ada satu tips yang mungkin bisa dicoba teman-teman sekalian. Tips ini sebenarnya tidak orisinil dari pikiran saya tetapi saya terinspirasi dari sebuah film berjudul, The Flying Scotsman (2006). Salah satu adegan dalam film ini adalah ketika tokoh utamanya hendak memecahkan rekor dunia esok harinya. Malamnya ia berlatih setiap satu jam. Setiap jam dia harus terbangun dan melakukan latihan otot selama beberapa menit dan kemudian istirahat kembali dan bangun satu jam kemudian. Demikian seterusnya dilakukan setiap satu jam.

Tokoh tersebut memang tidak bergadang, tetapi cara ia untuk terbangun setiap satu jam adalah cara yang unik. Apa yang dia lakukan? Ia meneguk satu atau dua gelas air (±400ml) sebelum tidur dan setiap kali dia selesai latihan otot tiap jamnya. Hal itu membuatnya kebelet buang air kecil yang kemudian membuatnya terbangun. "Kantung kemih adalah alarm alami yang sangat powerfull", katanya. 

Hal yang sama bisa kita lakukan untuk begadang. Kita minum banyak air , kemudian buang air kecil. Lalu, kita minum lagi air, kemudian buang air kecil lagi. Memang repot, tetapi rasakan khasiatnya. haha. Lebih ramah fisik lah daripada jantung kita yang terpacu tidak karuan karena minum kopi untuk begadang. Saya sendiri telah mencoba cara ini dan cukup berhasil. Saya berhasil bertahan hingga pukul 3 pagi tanpa kopi. Satu hal yang membuat saya tidak bertahan hingga pagi hari adalah saya lupa minum air lagi setelah buang air kecil. :p

Setiap metoda ada kelemahannya. Kelemahan cara ini adalah ketika kita lupa untuk minum lagi setelah buang air kecil. hahaha. Oiya, mungkin cara ini dianggap lelucon karena hanya berasal dari film. Namun, film tersebut bersumber dari kisah nyata yang berarti cara ini memang benar dipakai. hehe.

Selamat mencoba dan selamat begadang yang sehat. :p hehe.

Judul: Tips Cara Sehat Untuk Bergadang; Ditulis oleh ena; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

1
Sehat Dengan Xamthone Plus said...
on 

Artikel yang bagus nih non,, bermanfaat buat aku yg suka bgdang he

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger