Sunday, December 11, 2011

Sejarah Sistem Operasi Linux

Sejarah Sistem Operasi Linux - Pada tahun 1991 Linus Torvalds yang merupakan seorang mahasiswa Ilmu Komputer diUniversitas Helsinski ingin mengembangkan sistem operasi Minix. Dia menyebarkan kode programnya melalui Internet, kemudian Linux berkembang dengan cepat sebab dapat dipelajari oleh orang lain. Linux dibuat oleh ribuan programer dan hacker yang tersebar dari seluruh dunia.

Pertama kali Linux dikembangkan untuk digunakan pada komputer Intel 386/486 namun kemudian dikembangkan juga untuk mesin lain seperti DEC, Alpha, Sun Sparcs, M68000, MIPS, dan PowerPC hingga saat ini.

Linux merupakan sistem operasi open source yaitu kita dapat menyebarluaskan, memodifikasi dan menjualnya kembali dengan syarat kode program asli harus disertakan. Itu karena Linux berlisensi GPL.

Karena berlinsensi GPL inilah banyak perusahaan dan komunitas tertentu yang mengeluarkan CD Linux atau biasa disebut CD Distro.

Linux sebenarnya adalah kernel, bagian terpenting dari sistem operasi yang mejalankan I/O yaitu hubungan antara hardware dan software. Kernel Linux merupakan kernel standar untuk distro-distro yang ada.

Distro satu dengan yang lain hanya berbeda dalam pilihan paket software, direktori, init, dan lain sebagainya. Dan kebetulan saya pakai distro Ubuntu yang merupakan turunan dari Debian.

Kemampuan Linux pantang untuk dianggap remeh, walaupun tidak dipungut biaya untuk memilikinya. Sampai saat ini saya sendiri sudah nyaman sehari-hari ditemani oleh Linux, tidak ada kesulitan yang berati selama ini. Kesulitan yang sering saya jumpai adalah ada beberapa software yang butuh penelusuran lebih dalam untuk menginstalnya di komputer. Namun dengan sedikit kerja keras dan googling sana-sini semua itu bisa diatasi dan rasanya ada kepuasan sendiri jika berhasil. Dan yang paling penting adalah virus yang menyerang Linux sangat jarang. Kalau adapun jumlahnya bisa dihitung dengan jari dan biasanya akan cepat teratasi karena sistemnya yang terbuka jadi semua orang bisa memperbaiki, melaporkannya kepada para developer dan setika virus akan hilang setelah melakukan update sistem.

Sampai saat ini Linux sangat berkembang pesat. Berbagai macam software dengan kualitas tinggi bisa digunakan. Dukungan terhadap hardware yang dahulu menjadi kendala, sekarang sudah tidak menjadi masalah besar. Tampilan GUI yang memukau bisa membuat teman anda tertarik ingin menggunakannya juga.
Judul: Sejarah Sistem Operasi Linux; Ditulis oleh ena; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

0 komentar to “Sejarah Sistem Operasi Linux”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger