Monday, December 12, 2011

Rancangan Rumah Anti Gempa

Rancangan Rumah Anti Gempa - Bencana alam memang tidak dapat diketahui kapan dan dimana tepatnya akan tejadi. Banyak ilmuwan berlomba lomba mengatasi masalah bencana amal ini. Dalam konteks arsitektur, sudah banyak inovasi dan trik trik tertentu untuk mengatasi bencana gempa bumi. Salah satunya di Jepang, Japan Dome House Co. Ltd, sebuah perusahaan yang membuat rumah dengan bahan styrofoam.


Dapat dibuktikan bahwa rumah berbahan dasar styrofoam ini anti gempa karena bangunan dibangun tanpa pondasi yang memungkinkan bangunan menjadi tahan terhadap gempa, karena bangunan hanya akan mengikuti gerakan gempa dan tidak mengalami “patah” akibat ditanam di tanah dengan pondasi. Dasar bangunan merupakan lantai dengan tebal 30 – 40 cm.



Bangunan terbuat dari beton yang merupakan campuran semen dan PC. Bangunan ini di desain membentuk kubah agar bangunan tidak terangkat saat angin kencang menerpa bangunan.



Keuntungan lainnya, pembangunannya cepat dan mudah, dapat mengurangi panas yang masuk sehingga dapat meminimalkan penggunaan AC, sirkulasi udara yang lebih baik, anti gempa dan tidak akan berkarat maupun lapuk dimakan usia dibandingkan dengan menggunakan besi dan kayu.
Judul: Rancangan Rumah Anti Gempa; Ditulis oleh ena; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

0 komentar to “Rancangan Rumah Anti Gempa”

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger