Wednesday, December 21, 2011

9 Tips Cara Menghemat Uang Saku/Gajian

9 Tips Cara Menghemat Uang Saku/Gajian  - Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menekan pengeluaran secara maksimal sehingga mampu menghimpun banyak duit di buku tabungan untuk keperluan penting dan kebutuhan mendesak di masa depan. Faktor gengsi dan hobi acap kali menjadi penyebab banyak uang yang hilang untuk sesuatu yang kurang penting yang mengalahkan akal sehat.

Berikut adalah tips  untuk anda yang kesulitan mengelola uang anda :

1. Catat Pemasukan Dan Pengeluaran Uang Anda
Buat rencana pemasukan dan rencana pengeluaran di mana setiap akhir bulan harus ada banyak uang yang ditabung. Disiplin ketat dan jangan pernah melanggar anggaran yang ada kecuali sangat penting dan mendesak.

2. Musnahkan / Simpan Jauh-Jauh Kartu Kredit Dan Kartu ATM Anda
Kemudahan untuk berhutang dan mengambil uang tabungan akan menjebak anda dalam kenikmatan mengeluarkan uang. Oleh karena itu sebaiknya uang cash anggaran bulanan anda simpan di rumah tanpa boleh mengutak-atik kartu-kartu penarik uang anda dan uang yang ada di bank.

3. Hilangkan Gengsi Dan Hobi Mahal Anda
Kalau anda malu terlihat kere dan katro, mulai saat ini anda harus berani tampil kere dan katro di hadapan kenalan anda, jika perlu pindah rumah dan mulai kehidupan baru yang kere dan katro. Sebenarnya tidak sampai harus kere dan katro, tapi lebih tepatnya hidup sederhana di mana pengeluaran anda hanya pada yang penting-penting dan murah meriah. Ubah hobi mahal seperti jalan-jalan ke luar negeri dengan jalan-jalan di komplek/kampung rumah anda. Yang hobi ke gym / pusat kebugaran ganti dengan lari joging keliling kampung atau main bola / badminton di lapangan dekat rumah atau di jalanan.

4. Hemat Pengeluaran Besar Rutin Anda
Tagihan biaya administrasi kartu kredit, pajak, pbb, listrik, air pam, tv kabel, tv satelit, sekolah elit anak, telepon, dsb yang jumlahnya sangat besar sebaiknya dihilangkan saja. Contohnya seperti berhenti berlangganan kartu kredit, koran majalah, tv & internet bulanan, dll atau pindah ke rumah baru yang kecil dan sederhana untuk menghemat biaya pln, pam, pbb, telepon, dsb. Kalau senang telepon-teleponan ubah dengan bicara langsung atau gunakan telpon seperlunya tidak bertele-tele.

5. Ubah Penggunaan Transportasi Yang Mahal
Dari yang biasa naik mobil pribadi ke mana-mana sebaiknya anda jual mobilnya dan beli sepeda motor. Kalau sering naik taxi dan ojek motor, sekarang gunakan motor pribadi, angkot atau jalan kaki.

6. Makan Dan Minum Di Rumah Saja Atau Bawa Dari Rumah
Yang pasti membuat makanan dan minuman sendiri yang sederhana biayanya lebih murah daripada jajan di luar. Sarapan di rumah, makan siang dari bekal yang di bawa dari rumah, makan malam di rumah, dll. Kalau lagi ngidam makanan enak lebih baik ditahan saja kalau perlu puasa utuk mengilangkan nafsu bejad yang menghancurkan keuangan anda.

7. Terapkan Gaya Hidup Sederhana Pada Anggota Keluarga
Paksa anak, istri atau suami anda untuk menerima kenyataan pahit bahwa kita harus hidup sederhana karena hidup sederhana adalah awal dari kebahagiaan yang sejati. Mereka pun harus siap hidup miskin kapan saja jika Tuhan menghendaki.

8. Hentikan Kebiasaan Bodoh Anda
Bagi anda yang merokok, minum miras, memakai narkoba, main jablay, selingkuh, melakukan tindak kriminal dan dosa, dsb hentikan segera kebiasaan itu karena tidak ada gunanya dan itu semua hanya membakar uang dan menghancurkan hidup anda baik di dunia maupun di akherat.

9. Hemat Belanja Anda Dan Jaga Nafsu Belanja Anda
Yang doyan belanja / shopping sebaiknya buat daftar belanjaan sesuai anggaran / budget yang telah dibuat agar tidak mudah tergoda dengan barang yang dijajakan selain yang anda butuhkan. Pastikan produk yang anda beli tidak mahal yang penting fungsi sama dan kualitas tidak buruk. Jika anda ngebet ingin membeli sesuatu, maka gunakan jurus manipulasi otak anda seolah-olah anda telah membeli barang itu namun sampai dirumah hilang digondol tikus.

Judul: 9 Tips Cara Menghemat Uang Saku/Gajian; Ditulis oleh ena; Rating Blog: 5 dari 5

Comments :

15 komentar to “9 Tips Cara Menghemat Uang Saku/Gajian”

PPOB said...
on 

bener dahh..
hemat pangkal kaya

ena said...
on 

Siiip,.....hehe..!!

Anonymous said...
on 

Yang penting itu gedein input deh.
Kita walau hemat kalo gaji kecil lama1 juga tekor. Mending gedein penghasilan.

ena said...
on 

Besar Input klw boros tetep aja kali ya om....jadi mendingan sewajarnya aja...sesuai kebutuhan.

Anonymous said...
on 

makasih banget gan atas infonya! aq jadi sadar deh!

aguz said...
on 

tips paling sederhna tuh,bagi 3 aja pendapatan/gaji anda,
1. 1/3 gaji buat nabung
2. 1/3 gaji buat dana cadangan
3. 1/3 lagi buat kebtuhan pokok slm sebulan,,
Dgn rumus itu brapapun gaji anda pasti anda akan lebih bijak menggunakan uang...

rina yuliana said...
on 

tambahan yang bagus tuh

scanner barcode murah said...
on 

makasih yah gan infonya

scanner barcode murah said...
on 

makasih yah gan infonya

key hyrin said...
on 

Teori memang gampang.. Tapi prakteknya yg susah
(´._.`) tapi harus tetep ada niat baru di jalankan..
Thanx masukannya :)

CarajualPulsa said...
on 

Terus terang iniinfomasi sangat menarik sehingga menambah
wawasan dan pengetahuansaya.
Makasih banyak, ditunggu posting
lainnya...

cyntia said...
on 

haha benar sekali yah, saya jadi kepikiran yang mana kemarin kemarin saya boros banget ga nahan liat barang yg bagusan dikit langsung beli hhe, but thanks nice artikel

rina yuliana said...
on 

hehe...kadang manusia suka lepas kontrol.....saya kayak saya.

Tumor Usus said...
on 

ohh .. tks deh gan .. kebetulan ane tipe orang yang boros nih...

Wuri said...
on 

Tq info nya.. Jd kepingin segera diterapkan!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Copyright © 2009 by Around Our Lives

Template by Blogger Templates | Powered by Blogger